Selasa, 27 Februari 2018

Apakah Mengeluaran Keringat Dapat Membakar Lemak



Ketika kita berolahraga atau latihan fisik pastinya tubuh kita akan mengeluarkan keringat. Ada mindset bahwa keluarnya keringat dari dalam tubuh merupakan tanda bahwa tubuh kita telah membakar lemak dengan output berupa keringat, apakah hal tersebut benar ?,dan bagaimanakah penjelasanya ?.
Dr. Sungadi santoso menjelaskan bahwa keringat merupakan respon tubuh terhadap meningkatnya panas tubuh akibat aktivitas fisik yang dilakukan. keringat befungsi untuk mengatur suhu tubuh, yakni menormalkan suhu tubuh saat suhu tubuh naik saat olahraga atau kondisi lain seperti ketakutan.  Keringat dihasilkan kelenjar keringat yang terdapat pada dermis yaitu salah satu bagian kulit.
Pembakaran lemak terjadi karna tubuh kekurangan energi.energi berasal dari pembakaran  Karbohidrat dan akan disimpan dalam bentuk lemak jika tidak digunakan. Jadi ketika energi yang dipunya kurang dari energi yang dibutuhkan maka tubuh akan membakar lemak sebagai tambahan lemak untuk tambahan energi. Biasanya latihan fisik dan olahraga dilakukan untuk meningkatkan energi yang dikeluarkan untuk dapat membakar lemak.
Jadi mekanisme penghasilan keringat dan pembakaran lemak dalam tubuh merupakan proses yang terpisah. Keringat merupakan respon tubuh terhadap panas dan lemak dibakar karna tubuh kekurangan kalori. Meskipun seseorang berkeringat bukan berarti dia akan membakar kalori sebagai contoh ketakutan,kepanasan,dll. Tetapi keringat dan lemak dihubungkan suatu aktivitas yaitu olahraga. Lemak dan keringat akan sejalan ketika kita berolahraga. Ketika kita berolaraga tubuh pasti akan membakar lemak dan mengeluarkan keringat. Hal ini mungkin penyebab kenapa orang beranggapan bahwa mengeluaran keringat dapat membakar lemak.

0 komentar:

Posting Komentar